Ketika pertama kali memutuskan untuk membeli sunscreen, mungkin yang terlintas di benak kita adalah apa beda SPF 25, 30, atau bahkan 50. Bahkan mungkin ketika sudah menjadi pengguna setia sunscreen, kamu masih bingung dengan apa yang membedakan tingginya SPF di tabir surya yang kita miliki.

Nah, jika kamu penasaran dengan apa yang menjadi pembeda dari tingginya SPF di tabir surya, berikut ini kami akan membahas mengenai perbedaan dari kandungan SPF pada sunscreen.

Beda Kandungan SPF di Sunscreen

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kenali dulu apa itu SPF. SPF merupakan Sun Protector Factor yang menjadi indikator untuk kamu mengetahui sebaik apakah produk itu bisa melindungi kita dari paparan sinar matahari.

Selain itu kadar SPF di dalam sunscreen bisa membantu untuk mengetahui seberapa lama itu membantu kita untuk bertahan di bawah sinar matahari. Semakin tinggi kandungan SPF yang ada, maka akan semakin kuat ia melindungi kulit.

Untuk membuat kamu menjadi lebih paham, berkut ini adalah perbedaan angka dibelakang tulisan SPF yang bisa kamu perhatikan.

SPF 15 dapat menahan hingga 93% radiasi sinar UVB

SPF 30 dapat menahan hingga 97% radiasi sinar UVB

SPF 50 dapat menahan hingga 98% radiasi sinar UVB

Bukan itu saja, ada pun perbedaan menit dari setiap sunscreen dalam memberikan perlindungan bagi kulit. Kulit tanpa menggunakan sunscreen kemungkinan hanya membutuhkan waktu 10 menit di bawah sinar matahari. Namun, dengan menggunakan sunscreen ini bisa membantu kulit untuk bertahan lebih lama menahan sinar matahari.

Kalau kamu menggunakan produk dengan SPF 15, maka ini bisa membantu kamu untuk bertahan di bawah sinar matahari selama 150 menit. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan 10 menit dengan jumlah SPF. 10 menit di kali dengan 15 SPF, maka kamu bisa mendapat 150 menit perlindungan, atau sekitar 2,5 jam.

Begitu juga dengan kandungan SPF lainnya, kamu akan memiliki ketahanan 4 jam 10 menit dengan SPF 25, ketahanan 5 jam dengan SPF 30, dan ketahanan 8 jam atau lebih dengan menggunakan SPF 50.

Selain memberikan perlindungan kulit, sunscreen nyatanya juga bisa membantu kamu untuk menghindari oksidasi dan penuaan kulit disebabkan oleh matahari.

Antioksidan alami bisa kamu temukan pada makanan dengan kandungan beta karoten, vitamin E, dan tumbuhan alami seperti chamomile, bunga matahari, mawar, dan juga calendula.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan perlindungan ekstra ini, maka coba cari SPF yang memiliki kandungan Broad spektrum dan kandungan antioksidan di dalamnya.

Atau pun kamu bisa menambahkan sendiri menggunakan pelembab yang kaya dengan antioksidan dan juga menambahkan proteksi untuk kulit kamu.

Itulah sedikit informasi mengenai sunscreen yang perlu kamu ketahui.

Kiriman serupa