Sampai sekarang, penyakit janutng merupakan pembunuh nomor 1 yang ada di dunia. Penderita dari penyakit ini juga seringkali tak menduga kalau dirinya mengidap penyakit jantung hingga saat serangan tersebut terjadi. Itulah kenapa, jantung sebenarnya harus senantiasa kita jaga. Hal ini dimaksudkan agar kita bis atetap sehat dan tak terjadi hal – hal yang tak diinginkan. Nah, untuk itulah, di bawah ini kami akan berikan beberapa cara menjaga kesehatan jantung dengan baik dan benar.

1.Kontrol Kadar Kolesterol

Kontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol yang ada di dalam darah juga harus kita perhatikan dan kita jaga loh. Hal ini dilakukan untuk lebih menjaga kesehatan jantung. Kalian bisa melakukan hal ini dengan cara melakukan cek darah secara rutin di rumah sakit ataupun secara mandiri di rumah menggunakan berbagai kit yang sekarang ini sudah banyak beredar di pasaran.

2.Olahraga Rutin

Olahraga Rutin

Olahraga atau setidaknya melakukan aktivitas fisik yang ringan secara rutin terbukti bsia menolong jantung kita agar tetap sehat. Saat sedang olahraga yang dimulai dengan pemansana, jantung nanti akan membantu memompa darah kita lebih kencang dan deras. Jadi, nantinya pembuluh darah kita bisa jadi lebih lentur. Selain itu, oksigen yang masuk juga nantinya akan lebih terdistribusi ke semua bagian tubuh kita jadi akan membuat tubuh kita lebih bugar.

3.Jaga Berat Badan Ideal

Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan supaya ideal bukan Cuma bisa membuat kita lebih sehat tapi juga bisa lebih memudahkan kita dalam bergerak serta bisa membuat kita jadi terlihat lebih menarik. Batasilah makan maupun minum yang punya banyak kandungan garam maupun gula. Control selalu berat badan kalian dengan cara membuat perencanaan menu mingguan yang sehat.

4.Rajin Minum Air Putih

Rajin Minum Air Putih

Rajin meminum air putih bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 54% para pria dan 41% pada wanita. Hal ini dikarenakan air bisa melarutkan kandungan garam di dalam darah sehingga bisa membuat kerja jantung jadi lebih ringan saat memompa darah segar ke seluruh tubuh. Biasanya, kebutuhan air di tubuh kita juga bisa di cek lewat urin. Makin kuning atau oran urinnya, maka makin banyak minum yang kita butuhkan.

5.Jaga Pola Makan Sehat

Jaga Pola Makan Sehat

Perhatikan pula pola makan kalian. Apa saja yang kalian konsumsi setiap harinya apakah makanan itu sehat atau malah memiliki kandungan garam, gula, serta lemak yang cukup banyak. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah makanan yang lemak dan garamnya tinggi seperti daging asap, fast food, hingga sosis. Setelah itu, makanan yang diolah dengan teknik deep fry juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Kalau mau punya jantung yang sehat, mulai konsumsi makanan yang segar ya.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung. Semoga bermanfaat.

Kiriman serupa