Menjaga kesehatan jantung memang sangat penting. Hal ini di karenakan jantung adalah salah satu organ vital yang punya peran penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Fungsi ini tentu saja akan menunjang kelangsungan hidup kalian. Supaya jantung bisa tetap sehat, ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan.

Kalian mungkin sudah sering mendengar dokter yang memberikan anjuran untuk olahraga secara rutin, menjalani pola makan sehat, tak merokok, dan lain – lain.

Lalu, selain itu apa saja sih cara yang bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan jantung? Yuk simak.

1.Mengonsumsi lebih banyak serat

 Makanan yang kaya akan serat mampu menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Serat ini bisa Anda dapatkan dari buahbuahan, sayuran, gandum, kacang, dan sereal. Untuk menjaga kesehatan jantung, penuhilah kebutuhan serat paling tidak 30 gram per hari. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi makanan berserat harus dilakukan secara bertahap. Sebaiknya jangan makan sayuran dalam jumlah banyak sekaligus, karena dapat mengakibatkan perut kembung. Saat mengonsumsi serat, minumlah lebih banyak air putih untuk melancarkan pencernaan.

 2.Tidak Merokok

 Para perokok memang memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit janutng coroner. Bukan Cuma perkok namun orang yang ada di sekitarnya yang ikut menghirup asap rokok atau perokok pasif juga akan terganggu karena kekurangan nutrisi dan oksigen.

 Hal ini karena zat beracun pada rokok dapat merusak pembuluh darah jantung, yang menyebabkan aliran darah di jantung terganggu. Akibatnya, kesehatan jantung juga akan terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

 3. Konsumsi asam lemak omega-3

 Menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3.

Ikan merupakan salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega 3. Anda bisa memilih dari berbagai jenis ikan, mulai dari makarel, sarden, tuna hingga salmon. Konsumsilah ikan  ini secara rutin dua kali seminggu  untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asam lemak omega-3.

 4. Kurangi asupan lemak jenuh

 Makan terlalu banyak  lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kolesterol  darah. Penumpukan kolesterol dapat menyumbat arteri di jantung dan meningkatkan risiko  penyakit jantung.

Untuk menjaga kesehatan jantung, batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging merah, kulit ayam, makanan olahan, gorengan, margarin, dan produk susu yang kaya lemak.

 5. Terlibat dalam aktivitas fisik atau olahraga secara teratur

 Sisihkan waktu untuk berolahraga selama sekitar 20 hingga 30 menit setiap hari. Memang, aktivitas fisik atau  olahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung, terutama mencegah  penyakit jantung. Jika ingin olahraga  ringan, Anda bisa mencoba jalan kaki atau berenang.

Itulah berbagai tips untuk menjaga kesehatan jantung. Semoga bermanfaat.

Kiriman serupa