Bukanlah sebuah rahasia bahwa pandemic ini telah membuat banyak sekali orang menjadi stress dan juga frustasi, akibatnya kualitas hidup menajdi berkurang.

Hal tersebut semakin kuat dengan ditambahkannya berbagai kebijakan misalnya seperti PPKM, membuat kita harus WFH dan merasa pekerjaan seperti tidak ada habisnya.

Kita harus mengurus rumahm pekerjaan kantor, dan berbagai pekerjaan lainnya yang membuat kita lupa akan diri kita sendiri.

Maka dari itu rasanya tak heran jika waktu 2 jam akan terasa sangat singkat, dampaknya kita bisa dengan mudah merasa bingung dan juga Lelah dengan rutinitas sehingga merasa seperti robot.

Pria Yulia Maharani adalah seorang psikolog Riliv mengatakan bahwa kita harus memberikan waktu istirahat sejenak kepada diri dan juga pikiran sehingga hal tersebut bisa memperbaiki kualitas hidup.

Kita bisa melakukan berbagai aktivitas, namun salah satunya yang ia anjurkan adalah dengan melakukan meditasi pernafasan.

Menurut Prita, meditasi pernapasan adalah teknik meditasi ini mendorong kita untuk mengatur pernapasan.

“Ketika Anda menarik dan mengeluarkan napas, pada saat inilah Anda akan melepaskan semua beban yang ada di pikiran,” ucap Prita.

Karena itu, melakukan meditasi akan membuat kita merasa lebih tenang. Sebenarnya, meditasi pernapasan merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan.

Prita juga menambahkan kalau melakukan meditasi pernapasan tidaklah sulit, karena kita hanya perlu meluangkan waktu selama tiga hingga lima menit.

Menurut Prita, meditasi pernapasan adalah teknik meditasi ini mendorong kita untuk mengatur pernapasan.

“Ketika Anda menarik dan mengeluarkan napas, pada saat inilah Anda akan melepaskan semua beban yang ada di pikiran,” ucap Prita. Karena itu, melakukan meditasi akan membuat kita merasa lebih tenang.

Sebenarnya, meditasi pernapasan merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan.

Prita juga menambahkan kalau melakukan meditasi pernapasan tidaklah sulit, karena kita hanya perlu meluangkan waktu selama tiga hingga lima menit.

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan meditasi pernapasan. Berikut manfaat tersebut:

Meningkatkan mood dan kemampuan regulasi emosi Rasa lelah bisa berdampak pada mood yang memburuk dan emosi yang tidak stabil.

Padahal, penting untuk bisa mengendalikan setiap emosi yang muncul, mulai dari emosi marah, senang, sedih, kecewa.

Kemampuan regulasi emosi yang baik dapat dilatih dengan melakukan meditasi pernapasan.

Memperbaiki kualitas tidur, Bukan rahasia lagi kalau mendapatkan tidur yang berkualitas sangatlah sulit.

Padahal setelah seharian bekerja, Anda berharap bisa tidur dengan nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang baik. Saat merasa sulit tidur, Anda bisa menyempatkan diri untuk melakukan meditasi pernapasan sebelum tidur.

Meditasi pernapasan juga terbukti membuat kondisi perut menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, saat melakukan meditasi, proses penyerapan makanan di dalam perut bekerja secara optimal.

Meningkatkan konsentrasi. Meditasi pernapasan membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memperkuat durasi fokus saat beraktivitas.

Jadi,ketika merasa hilang fokus atau sulit berkonsentrasi, kita bisa mulai mempraktikan meditasi ini.

Meningkatkan ketenangan batin. Manfaat lain dari meditasi pernapasan adalah membuat jiwa dan pikiran menjadi lebih fresh, tenang, dan damai.

Perasaan tenang ini membuat kita menjadi lebih sabar, pemaaf, dan bijaksana dalam berperilaku karena kita benar-benar menyadari konsekuensi seperti apa yang akan kita dapatkan dari perilaku tersebut.  

Kiriman serupa