Mata memiliki fungsi yang sangat penting untuk kita, sebabnya kita harus bisa menjaga mata dengan baik. Setiap hal yang kita lakukan tidak bisa terlepas dari peran mata sebagai indra penglihatan. Namun, semakin bertambahnya usia, mata semakin berkurang kualitasnya. Tenang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penurunan kualitas dari mata.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips kepada Anda untuk menjaga kualitas dari mata.

1.Melakukan Pemeriksaan Rutin

Pertama, kamu harus secara rutin memeriksa mata paling tidak 2 tahun satu kali. Lalu untuk orang dewasa yang sudah dikepala empat atau lebih, disarankan untuk memeriksakannya setidaknya 1 tahun satu kali.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sering memeriksa mata, seperti bisa mencegah penyakit seperti glaukoma, regenerasi makula, sampai katarak.

Dokter mata dapat mendeteksi gejala pada mata Anda sebelum nanti penyakitnya semakin parah. Anda juga bisa melihat kemungkinan penyakit mata yang diturunkan secara genetik, ini bisa membuat penanganan menjadi lebih cepat.

2. Makan Makanan Bergizi

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui kalau vitamin A merupakan vitamin yang bagus untuk mata. Tapi tahukah kamu bukan hanya vitamin A saja loh yang wajib kamu konsumsi untuk bisa membuat mata menjadi lebih baik. Kandungan vitamin lain seperti vitamin C, vitamin E, asam lemak omega-3, lutein, dan selenium juga memiliki nutrisi baik dalam menjaga mata.

Bahkan beberapa yang kami sebutkan di atas bisa membantu mencegah masalah mata yang berhubungan dengan usia, seperti katarak. Anda dapat mendapatkan nutrisi di atas dengan makanan seperti sayuran hijau, salmon, kacang-kacangan, dan juga jeruk.

3. Jangan Pakai Gawai Terlalu Lama

Mata dapat cepat lelah jika Anda terlalu lama menatap gawai. Efek yang bisa Anda dapatkan dari bermain gawai terlalu lama adalah sakit kepala, nyeri leher, hingga mengalami mata kering dan pandangan kabur.

Cobalah untuk alihkan mata sesekali selama 20 detik setidaknya 20 menit sekali jika Anda bekerja di depan komputer seharian. Coba juga untuk mengistirahatkan mata setiap 2 jam sekali selama 15 menit.

4. Hindari Paparan Sinar Ultraviolet

Tahukah Anda bukan hanya kulit saja yang wajib terindar dari paparan sinar ultraviolet, karena mata juga bisa terkena dampak buruk dari sinar ini. Efek dari keseringan terkena sinar ultraviolet adalah kamu bisa mengalami katarak, kornea terbakar, hingga kanker mata.

Sebabnya, sangat disarankan menggunakan alat yang bisa melindungi mata seperti kacamata hitam. Ini bisa membantu kamu untuk menghindari sinar UVA dan UVB. Atau kamu juga bisa menggunakan topi ketika melakukan aktivitas pada siang hari.

5. Olahraga Rutin

Olahraga ternyata bisa membantu dalam mengurangi risiko dari penyakit mata, loh. Hal ini dikarenakan beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan beberapa penyakit lainnya bisa menyebabkan penurunan resiko kehilangan penglihatan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah penglihatan.

Kiriman serupa